Sejarah

By Admin Program Studi 18 Jul 2020, 21:35:23 WIB

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UNIPA merupakan salah satu fakultas yang berada di UNIPA. UNIPA adalah lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Maumere yang berjalan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69/D/O/2005 tanggal 26 Mei 2005. Pada tahun 2019, institusi Universitas Nusa Nipa telah terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No 258/SK/ BAN-PT/Akred/PT/IV/2019.

FIKP UNIPA merupakan salah satu fakultas yang menjadi fakultas unggulan UNIPA. Fakultas ini telah berperan aktif selama kurang lebih 14 tahun dalam pengembangan kualitas SDM di kawasan regional Nusa Tenggara Timur, mengambil bagian dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan untuk membantu mengatasi berbagai persoalan bangsa dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dan memelihara kelestarian lingkungan perairan di Kawasan Nusa Tenggara Timur maupun Nasional.

Program Studi MSP merupakan satu-satunya program studi yang bernaung di bawah FIKP UNIPA. Pada awal berdiri, program studi ini bernama Perikanan. Setelah dilakukan penyesuaian kurikulum oleh pihak Kopertis Wilayah VIII, nama program studi ini berubah menjadi Program Studi Teknologi Hasil Perikanan dan selanjutnya berubah lagi menjadi Program Studi Sumberdaya Akuatik. Berdasarkan Kepmenristek No. 257 Tahun 2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi, maka nama program studi saat ini berubah menjadi Manajemen Sumberdaya Perairan. Sejak berdiri, program studi ini sudah mengalami dua kali akreditasi yaitu pada tahun 2010 dan tahun 2015. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan terakreditasi berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 788//SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015 dan memperoleh nilai C.